Mengenal Ayam Shamo, Ayam Jago Asal Jepang

Ayam Shamo, Ayam Jago Jepang, Sabung Ayam, Adu Ayam, Laga Ayam,

Mengenal Ayam Shamo, Ayam Jago Asal Jepang. Ayam shamo adalah ayam jago unggulan yang berasal dari negara jepang. Ayam shmo juga tergolong ayam aduan yang memiliki kualitas bagus saat berlaga. Serta memiliki postur tubuh cukup tinggi tegap mampu menegakkan badan hingga 95 derajad. Tak jarang jika ayam ini mampu memiliki bobot hingga 4-7 Kg yang merupakan ayam petarung dengan postur terberat dan hanya akan mampu di tandingi dengan ayam yang yang memiliki ukuran sama.

Trah ini didatangkan ke Jepang pada abad ke-16. Namanya berasal dari kata "Sham" yang berarti "Siam (Thailand)". Ini adalah alasan mengapa kebanyakan orang berpikir bahwa jenis ayam ini adalah keturunan dari ayam hutan Malayoid kuno, tetapi yang sudah punah. Pada awal abad ke-16 penguasa Jepang Ieyashu Tokugawa memperbolehkan pedagang dan pelaut Jepang  untuk memulai perdagangan dengan negara-negara di seluruh Asia. Maskapai "redseal", sebuah kapal yang diberi izin perdagangan oleh kaisar sendiri berlayar ke India, Vietnam, Cina, Siam, Filipina, Indonesia, Burma, dan wilayah asia lainya. Selain untuk misi perdagangan, mereka juga mencari hal-hal baru dan menarik untuk diimpor ke Jepang. Diantara hal-hal menarik tersebut termasuk juga berbagai jenis ayam petarung. Ayam-ayam ini kemudian disilangkan satu sama lain atau dengan ayam lokal.

Ayam Shamo, Ayam Jago Jepang, Sabung Ayam, Adu Ayam, Laga Ayam,


Keunggulan Ayam Shamo


Keunggulan pertama. Jenis ayam petarung asal Jepang ini memiliki keunggulan dari ciri fisiknya yang cukup menonjol. Pertama memiliki tubuh yang besar dan tegap. Ayam shamo dewasa beratanya bisa mencapai 7 kg, selain itu ketika bertanding biasanya ayam shamo akan menegakkan tubuhnya sampai dengan 95 derajat.

Kebiasaan menegakkan badannya ini seperti menjadi bentuk superioritas dari ayam shamo yang membuat ayam jenis lain yang menjadi lawannya akan merasa tidak berdaya. Ciri fisik lainnya mungkin hampir sama dengan jenis ayam petarung lainnya, tetapi tulang dari ayam shamo tentunya lebih besar dan kuat sesuai dengan besar tubuh ayam shamo tersebut.

Keunggulan dari sisi fisik ini menjadikan ayam shamo cukup banyak digemari. Selain sebagai ayam petarung, fisiknya yang besar dan gagah membuatnya bisa menarik perhatian banyak orang di luar pecinta pertandingan ayam. Bahkan, usaha ternak ayam shamo juga cukup menjanjikan untuk dilakukan di Indonesia.

Keunggulan kedua. Jenis ayam petarung asal Jepang ini memiliki keunggulan lainnya selain tubuhnya yang besar. Keunggulan ini sebenarnya masih terkait dengan tubuh besar ayam shamo Jepang, yaitu pukulan yang kuat dan keras. Ayam shamo dari Jepang ini memang terkenal memiliki pukulan yang kuat, keras, dan mematikan. Bagaimana tidak, kekuatan pukulan dari ayam shamo berada pada urutan paling atas di antara ayam petarung lainnya. Bahkan cukup sering terjadi, ayam lawan langsung tersungkur ketika hanya satu kali saja mendapatkan pukulan dari ayam shamo.

Selain kekuatan pukulannya yang luar biasa, ayam shamo juga dikenal memiliki akurasi pukulan yang terkenal baik. Ayam shamo mampu mengetahui bagian mana dari tubuh lawan yang lemah, yaitu bagian belakang kepala. Biasanya ayam shamo akan melancarkan pukulan kuatnya pada bagian tersebut dan lawan akan mudah kalah.

Keunggulan ketiga. Keunggulan ketiga yang dimiliki oleh jenis ayam petarung asal Jepang ini adalah stamina yang tinggi. Stamina adalah salah satu faktor penting penentu seekor aya petarung memiliki kualitas yang baik. Ayam shamo selain bertubuh besar dan memiliki pukulan yang kuat, juga memiliki stamina tinggi serta pantang menyerah sehingga ia cukup sering mengalami kemenangan.

Jika dilihat secara sepintas, ayam Shamo lebih mirip Ayam Bangkok. Tapi jika disandingkan berdua, maka ayam Shamo dewasa akan lebih besar badannya dari ayam Bangkok yang sudah dewasa. Inilah cirri fisik utama dari ayam aduan yang berasal dari Jepang, yaitu ayam Shamo. Perawakan ayam Shamo jauh lebih besar dari umumnya ayam aduan yang diternak di Indonesia. Sehingga seringkali sangat sulit menemukan lawan tarung yang sepadan untuk Shamo. Bahkan Bangkok saja hanya sedikit yang perawakannya sebesar Shamo. Selain itu, mungkin adalah stamina. Ayam Shamo memiliki stamina dan daya juang yang tinggi sehingga dikenal tak mudah menyerah. Itulah beberapa keunggulan serta ciri fisik dari ayam Shamo.
Previous
Next Post »